EMPAT KEBENARAN ARYA(Cattari Ariya Saccani)
Di Taman Rusa Isipatana, pada bulan Asalha, ketika untuk pertama kalinya Guru Buddha membabarkan Dhamma, dalam Dhammacakkappavattana Sutta; Samyutta Nikaya 56.11 {S 5.420} , Guru Buddha mengajarkan Empat Kebenaran Ariya (Cattari Ariya Saccani) kepada Lima Bhikkhu Pertama (Panca Vaggiya Bhikkhu).
I
Guru Buddha bersabda, “Sekarang,
O, para bhikkhu, Kebenaran Ariya tentang Dukkha, yaitu : kelahiran
adalah dukkha, usia tua adalah dukkha, penyakit adalah dukkha, kematian
adalah dukkha, sedih, ratap tangis, derita (badan), dukacita, putus asa
adalah dukkha; berkumpul dengan yang tidak disenangi adalah dukkha,
berpisah dari yang dicintai adalah dukkha, tidak memperoleh apa yang
diinginkan adalah dukkha. Singkatnya Lima Kelompok Kemelekatan merupakan
dukkha.”Kebenaran Ariya tentang Dukkha (Dukkha Ariya Sacca) Definisi Kata ”dukkha” yang berasal dari bahasa Pali, sukar sekali untuk diwakilkan secara tepat oleh satu kata dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris karena memiliki makna yang dalam. Secara etimologi berasal dari kata ”du” yang berarti sukar dan kata ”kha” yang berarti dipikul, ditahan. Jadi kata ”du-kha” berarti sesuatu atau beban yang sukar untuk dipikul. Pada umumnya dukkha dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai penderitaan, ketidakpuasan, beban. Tiga Bentuk Dukkha Dalam Dukkhä Sutta; Samyutta 38.14 {S 4.259}, Y.A Sariputta menjelaskan adanya tiga bentuk dukkha kepada Jambukhadika, “ Ada tiga bentuk dari dukkha, sahabatKu, yaitu : dukkha-dukkhä, viparinäma-dukkhä, sankhärä-dukkhä. Inilah tiga bentuk dukkha.” dukkha-dukkhä adalah ketidakpuasan atau penderitaan yang alami dan dirasakan tubuh dan bathin, seperti sakit jantung, sakit kepala, perasaan sedih karena berpisah dengan yang dicintai, kegagalan dalam usaha, sebagainya. viparinäma-dukkhä adalah ketidakpuasan atau penderitaan yang tidak lepas dari adanya perubahan, seperti kondisi perasaan bahagia, yang dirasakan cepat atau lambat akan mengalami perubahan. sankhärä-dukkhä adalah ketidakpuasan atau penderitaan yang berhubungan dengan Lima Kelompok Kemelekatan (Panca Khanda), seperti perasaan susah karena tidak dapat menikmati makanan enak yang dipicu karena adanya indera pengecap yang merupakan salah satu dari Lima Kelompok Kemelekatan (Panca Khanda).
II
Kebenaran Ariya tentang Asal Mula Dukkha (Dukkha Samudaya Ariya Sacca)
Guru Buddha bersabda,
“Sekarang, O, para bhikkhu, Kebenaran Ariya tentang Asal Mula Dukkha,
yaitu : Ketagihan (tanhâ) yang menyebabkan tumimbal lahir, disertai
dengan hawa nafsu untuk menemukan kesenangan di sana sini, yaitu
kamatanhâ : ketagihan akan kesenangan indria, bhavatanhâ : ketagihan
akan penjelmaan, vibhavâtanhâ : ketagihan untuk memusnahkan diri.”
Pada bagian ini Guru Buddha menjelaskan bahwa sumber dari dukkha atau penderitaan adalah tanhâ, yaitu nafsu keinginan yang tidak ada habis-habisnya. Tanha dapat diibaratkan seperti candu atau opium yang menimbulkan dampak ketagihan bagi yang memakainya terus-menerus, dan semakin lama akan merusak fisik maupun mental si pemakai. Tanha juga dapat diibaratkan seperti air laut yang asin yang jika diminum untuk menghilangkan haus justru rasa haus tersebut semakin bertambah. Ada tiga bentuk tanhä, yaitu : 1.Kämatanhä : adalah ketagihan akan kesenangan indriya, ialah ketagihan akan : a. bentuk-bentuk (indah) b. suara-suara (merdu) c. wangi-wangian d. rasa-rasa (nikmat) e. sentuhan-sentuhan (lembut) f. bentuk-bentuk pikiran 2.Bhavatanhä : adalah ketagihan untuk lahir kembali sebagai manusia yang berdasarkan pada kepercayaan yang mengatakan tentang adanya "atma (roh) yang kekal dan terpisah" (attavada). 3.Vibhavatanhä : adalah ketagihan untuk memusnahkan diri, yang berdasarkan kepercayaan yang mengatakan bahwa setelah manusia meninggal maka berakhirlah segala riwayat tiap-tiap manusia (ucchedaväda). III Kebenaran Ariya tentang Terhentinya Dukkha (Dukkha Nirodha Ariya Sacca)
Guru Buddha bersabda,
“Sekarang, O, para bhikkhu, Kebenaran Ariya tentang Terhentinya Dukkha,
yaitu : terhentinya semua hawa nafsu tanpa sisa, melepaskannya, bebas,
terpisah sama sekali dari ketagihan tersebut.”
Pada bagian ini Guru Buddha menjelaskan bahwa dukkha bisa dihentikan yaitu dengan cara menyingkirkan tanhä sebagai penyebab dukkha. Ketika tanhä telah disingkirkan, maka kita akan terbebas dari semua penderitaan (bathin). Keadaan ini dinamakan Nibbana.
Dalam Itivuttaka 44; Khuddaka Nikaya, Guru Buddha menjelaskan bahwa terdapat 2 elemen/jenis Nibbana, yaitu :
Sa-upadisesa-NibbanaNibbana
masih bersisa. Yang dimaksud dengan bersisa di sini adalah masih adanya
Lima Khanda. Ketika Petapa Gotama mencapai Penerangan Sempurna dan
menjadi Buddha, Beliau dikatakan telah dapat mencapai Sa-upadisesa-Nibbana tetapi masih memiliki Lima Khanda (jasmani, kesadaran, bentuk pikiran, pencerapan dan perasaan). Sa-upadisesa-Nibbana juga dapat dikatakan sebagai kondisi batin (state of mind) yang murni, tenang, dan seimbang.
An-upadisesa-NibbanaNibbana tanpa sisa. Setelah meninggal dunia, seorang Arahat akan mencapai anupadisesa-nibbana, ialah Nibbana tanpa sisa atau juga dinamakan Pari-Nibbana, dimana tidak ada lagi Lima Khanda (jasmani, kesadaran, bentuk pikiran, pencerapan dan perasaan), tidak ada lagi sisa-sisa dan sebab-sebab dari suatu bentuk kemunculan. Sang Arahat telah beralih ke dalam keadaan yang tidak dapat dilukiskan dengan kata-kata. Hal ini dapat diumpamakan dengan padamnya api dari sebuah pelita, kemanakah api itu pergi ? Hanya satu jawaban yang tepat, yaitu ‘tidak tahu’. Ketika Guru Buddha mangkat/wafat, Beliau dikatakan telah mencapai anupadisesa-nibbana. IV Kebenaran Ariya tentang Jalan yang Menuju Terhentinya Dukkha (Dukkha Nirodha Ariya Sacca)
Guru Buddha bersabda,
“Sekarang, O, para bhikkhu, Kebenaran Ariya tentang Jalan yang menuju
terhentinya Dukkha, tiada lain adalah Jalan Suci Berunsur Delapan, yaitu
: Pengertian Benar, Pikiran Benar, Ucapan Benar, perbuatan Benar,
Penghidupan Benar, Usaha Benar, Perhatian Benar, Konsentrasi Benar.”
Pada bagian ini Guru Buddha menjelaskan bahwa ada Jalan atau Cara untuk menghentikan dukkha. Jalan Menuju Terhentinya Dukkha dapat dikelompokkan menjadi 3 kelompok, yaitu :
Kebijaksanaan (Panna) Pengertian Benar (sammä-ditthi)
Pikiran Benar (sammä-sankappa) Kemoralan (Sila)Ucapan Benar (sammä-väcä) Perbuatan Benar (sammä-kammanta) Pencaharian Benar (sammä-ajiva) Konsentrasi (Samädhi) Daya-upaya Benar (sammä-väyäma) Perhatian Benar (sammä-sati) Konsentrasi Benar (sammä-samädhi)
Demikianlah
Empat Kebenaran Ariya (Cattari Ariya Saccani) yang tidak dapat
dipisahkan antara Kebenaran yang satu dengan Kebenaran yang lainnya.
Empat Kebenaran Ariya (Cattari Ariya Saccani) bukanlah ajaran
yang bersifat pesimis yang mengajarkan hal-hal yang serba suram dan
serba menderita. Dan juga bukan bersifat optimis yang hanya mengajarkan
hal-hal yang penuh harapan, tetapi merupakan ajaran yang realitis,
ajaran yang berdasarkan analisa yang diambil dari kehidupan di sekitar
kita.
Disusun oleh: Bhagavant.com
|
Jumat, 13 April 2012
Empat Kesunyataan Mulia
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar